Istilah Dalam Dunia Perkebunan Kelapa Sawit


Jika anda belum terbiasa hidup diperkebunan kelapa sawit maka anda akan sedikit asing mendengar istilah-istilah dalam dunia sawit. Bagi yang sudah malang melintang hal itu sudah tidak asing dan mengherankan. Pada artikel ini saya akan membahas sedikit istilah-istilah dalam dunia sawit khusunya yang dipakai dalam pekerjaan sehari-hari.

Dalam perkebunan kelapa sawit, terdapat beragam istilah yang mungkin tidak diketahui oleh orang awam atau mereka yang tidak terlibat langsung dalam area bisnis ini. Istilah-istilah ini juga kerap membingungkan bagi para pebisnis pemula yang ingin memulai usaha dalam bidang ini. Istilah yang dimaksud mulai dari singkatan atau akronim, hingga penggunaan kata-kata penting yang kerap digunakan oleh para pekerja yang berada di lingkaran perkebunan. Bagi kalian pengusaha pemula, sudah sepatutnyalah mengetahui beberapa kata-kata yang sering dipakai. Apa saja istilah-istilah yang dimaksud itu? Berikut beberapa kata-kata penting yang sebaiknya diketahui agar tak bingung dan salah kaprah.
Dodos
Alat kerja yang biasanya digunakan dalam mengambil buah sawi.


TBS
Singkatan dari Tandan Buah Segar.

HTA

Singkatan dari Hasil Temuan Audit.



CPO

Singkatan dari Crude Palm Oil (Minyak Sawit Mentah).


BRONDOLAN
Butir buah tandan.

PKS
Pabrik Kelapa Sawit.

TB
Tanaman Baru.

TBM
Singkatan dari Tanaman Belum Menghasilkan.

TM
Singkatan dari Tanaman Menghasilkan.

TBM1
Singkatan dari Tanaman Umur 1 Tahun.

TBM2
Singakatan dari Tanaman Umur 2 Tahun.

TBM3
Singkatan dari Tanaman Umur 3 Tahun.

TM1
Singkatan dari Tanaman Umur 4 Tahun.

WEEDING
Penyiangan yaitu kegiatan membersihkan gulma pada tanaman, bertujuan untuk mengurangi gulma yang dapat mengganggu penyerapan unsur hara tanaman.

TALI SLINK
Tali yang terbuat dari kawat besi/baja yang digunakan untuk mengukur atau membuat garis lurus, biasanya digunakan pada kegiatan pengaturan polybag pada main nursery  dan juga pembuatan titik tanam.

SENSUS TANAMAN
Kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui jumlah tanaman yang mati, titik kosong, tanaman yang diserang berat hama.

SINGLE STAGE
Kecambah langsung ditanam pada large bag sampai dengan siap tanam.

SPACING
Kegiatan pengaturan jarak pada polybag yang telah diisi tanah di pembibitan main nursery.

STAKING
(Perun mekanis) yaitu kegiatan mendorong dan menimbun kayu hasil imasan dan tumbangan pada gawangan mati sejajar dengan baris tanaman dengan arah utara selatan.

KASTRASI
Pembuangan bunga pada fase peralihan dari TBM menjadi TM. Tujuan kastrasi untuk memperpanjang fase vegetative sehingga pada saat tanaman mulai menghasilkan, fisik tanaman sudah cukup kuat.

KATION
Ion bermuatan positif seperti Ca+, Mg+, K+, Na+, H+, Al3+.

KECAMBAH
Benih kelapa sawit yang berasal dari pusat penelitian benih yang digunakan sebagai bibit pada perkebunan kelapa sawit. Kecambah diberi nama sesuai dari perusahaan atau tempat penelitiannya contoh PPKS, Socfindo, Lonsum, dan lain-lain.

KOHESI TANAH
Gaya tarik menarik antar molekul yang sama, salah satu aspek yang mempengaruhi daya kohesi adalah kerapatan dan jarak antar molekul dalam suatu benda, bila kerapatan semakin besar maka kohesi yang didapatkan semakin besar.

KONSOLIDASI
Kegiatan  mengisi  kembali  polybag  dengan tanah, hal itu dikarenakan tanah yang telah terisi  ke dalam  polybag  memadat.

LAND CLEARING
Kegiatan pembukaan lahan meliputi kegiatan merintis, pembuatan blok dan jalan, serta perumpukan dan pembersihan lahan.


Itulah beberapa istilah yang dipakai dalam perkebunan kelapa sawit, istilah tersebut sangat familiar digunakan sehari-hari dalam dunia perkebunan kelapa sawit.


Sekian dulu artikel mengenai beberapa istilah dalam kelapa sawit. Sebenarnya masih banyak istilah-istilah lain, tapi akan kami sambung pada artikel selanjutnya.

0 Response to "Istilah Dalam Dunia Perkebunan Kelapa Sawit"

Posting Komentar