Tips Efekfif Optimalkan Perkembangan Otak Anak


Tips Efektif Optimalkan Perkembangan Otak Anak

“Sesungguhnya setiap pohon itu ada buahnya, dan buah hati adalah anak.” – Nabi Muhammad ﷺ (Kanzul-Ummal : 45415)

Seperti yang dikatakan oleh Nabi Muhammad ﷺ, anak memang menjadi harta yang sangat berharga bagi orang tua. Di sisi lain, menjadi kewajiban semua orang tua untuk memberikan yang terbaik bagi buah hatinya. Tentunya ini dilakukan orang tua untuk memastikan anaknya dapat tumbuh secara optimal.

Mengoptimalkan tumbuh kembang anak idealnya memang dilakukan sejak dini, yaitu usia 0-5 tahun. Dalam periode Golden Age ini, otak anak mengalami perkembangan pesat. Studi menyatakan bahwa pada usia dua tahun ukuran otak anak telah mencapai 75 persen dari ukuran otak ketika anak tersebut dewasa. Saat anak berusia lima tahun bahkan ukuran otaknya sudah mencapai 90 persen dari ukuran otak ketika dewasa.

Penuhi Nutrisi, Berikan Stimulasi

Salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak di periode emas adalah dengan memastikan asupan nutrisinya. Pilihlah jenis makanan yang beragam dan mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, serta vitamin.

Selain dari makanan bergizi seimbang, asupan nutrisi untuk mengoptimalkan perkembangan otak si kecil juga bisa didapatkan dari susu pertumbuhan yang mengandung Omega-3 dan Omega-6. Kedua kandungan tersebut memegang peranan penting dalam perkembangan fungsi otak dan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah kompleks sejak dini serta meningkatkan kecerdasan anak.

Salah satu susu pertumbuhan yang bisa dipertimbangkan sebagai pelengkap nutrisi oleh orang tua adalah Enfagrow A+. Selain mengandung Omega-3 dan Omega-6 tertinggi, Enfagrow A+ juga mengandung berbagai nutrisi lain seperti sumber serat pangan PDX/GOS untuk sistem pencernaan yang lebih sehat, Beta-Glucan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serta juga tinggi kandungan Iodium, Zinc, Zat Besi, Vit B1, B2, B3, B5, B6, dan B12.

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, orang tua juga harus memberikan stimulasi yang tepat kepada anak. Mulai dari stimulasi motorik kasar dan halus hingga menyangkut aspek fisik, kognitif, bahasa, emosi, serta emosional. Pilihlah aktivitas belajar dan bermain yang edukatif sesuai usia si kecil agar dapat merangsang kecerdasannya dengan lebih optimal.

0 Response to "Tips Efekfif Optimalkan Perkembangan Otak Anak"

Posting Komentar